Ini Dia 10 Perguruan Tinggi Negeri dengan UKT Rendah

Nasional, Pilihan130 Dilihat

JAKARTA, Narawarta.com – Kenaikan biaya uang kuliah tunggal (UKT) di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) menimbulkan keluhan di kalangan mahasiswa. Aksi demonstrasi pun dilakukan oleh mahasiswa untuk menolak putusan tersebut.

Minimnya dana subsidi yang diberikan pemerintah untuk perguruan tinggi mengakibatkan lonjakan kenaikan biaya UKT. Namun, masih ada beberapa PTN yang memberikan biaya UKT rendah.

Adapun UKT rendah masuk dalam golongan satu yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi. Calon mahasiswa bisa mendapatkan UKT golongan satu melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), seleksi nasional berbasis tes (SNBT), SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Mandiri.

Berikut ini 10 PTN dengan biaya UKT terendah di Indonesia.

1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Berlokasi di Tangerang Selatan, UIN Syarif Hidayatullah bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru. UIN Jakarta memiliki biaya terjangkau dengan harga termurah di Rp 400.000 untuk golongan satu.

2. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta memiliki biaya UKT terjangkau dengan harga Rp 500.000 untuk golongan satu. UNJ bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S-1.

3. Universitas Padjajaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) terletak di Jawa Barat, dan memiliki dua cabang kampus utama yang terletak di Bandung dan Sumedang. Unpad bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru karena menawarkan biaya UKT di Rp 500.000 untuk golongan satu.

4. Universitas Negeri Semarang

Terletak di Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang (Unnes) memiliki biaya UKT rendah yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa baru. Unnes menawarkan biaya UKT Rp 500.000 untuk golongan satu.

5. Universitas Indonesia

Salah satu universitas terkemuka di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI) yang menawarkan biaya UKT terjangkau. UI memiliki biaya UKT rendah di harga Rp 500.000 untuk golongan satu.

6. Universitas Veteran Yogyakarta

Universitas Veteran Yogyakarta bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan jenjang studi ke S-1. Universitas Veteran Yogyakarta menawarkan biaya UKT rendah dengan harga Rp 500.000 untuk golongan satu.

7. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau Unesa adalah salah satu universitas terkemuka di Surabaya. Unesa menawarkan biaya UKT rendah di harga Rp 500.000 untuk golongan satu. Unesa bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan studi ke jenjang S-1.

8. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan salah satu PTN terkemuka di Semarang. Senada dengan Unnes yang terletak di Semarang, Undip menawarkan biaya UKT rendah di harga Rp 500.000 untuk golongan satu.

9. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara adalah salah satu universitas terkemuka di Medan. USU menawarkan biaya UKT di harga Rp 500.000 untuk golongan satu. Universitas Sumatera Utara ini bisa menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi di jenjang S-1.

10. Universitas Andalas

Bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan biaya kuliah, Universitas Andalas bisa menjadi pilihan. Universitas Andalas mematok biaya UKT paling rendah pada harga Rp 500.000 untuk golongan satu.