Lebih Baik Mana, Kartu Kredit atau Paylater?

Ekbis121 Dilihat

Credit card atau kartu kredit adalah alat pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara kredit atau pinjaman dari bank.

Sedangkan Paylater adalah layanan kredit yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi secara kredit atau pinjaman dari perusahaan fintech.

Kedua produk ini memiliki kesamaan, yaitu memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam berbelanja tanpa harus membayar tunai di depan.

Namun, apakah kartu kredit dan paylater sama saja? Apakah tidak ada perbedaan atau kelebihan antara keduanya? Jawabannya adalah ada.

Ada beberapa alasan mengapa kartu kredit lebih baik dipakai daripada paylater. Berikut adalah beberapa alasan tersebut:

Kartu Kredit Memiliki Limit Pinjaman Lebih Besar

Salah satu alasan mengapa kartu kredit lebih baik dipakai daripada paylater adalah karena kartu kredit memiliki limit pinjaman lebih besar. Limit pinjaman adalah jumlah maksimal uang yang bisa dipinjam oleh pengguna.

Limit pinjaman kartu kredit biasanya ditentukan oleh bank berdasarkan penghasilan, riwayat kredit, dan jenis kartu yang dipilih oleh pengguna. Limit pinjaman kartu kredit bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung dari faktor-faktor tersebut.

Sementara itu, limit pinjaman paylater biasanya ditentukan oleh perusahaan fintech berdasarkan data diri, riwayat transaksi, dan skor kredit pengguna. Limit pinjaman paylater biasanya lebih kecil, hanya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Limit pinjaman paylater juga cenderung lebih sulit dinaikkan, karena harus menunggu penilaian ulang dari perusahaan fintech.

Dengan limit pinjaman yang lebih besar, kartu kredit memberikan keleluasaan dan kebebasan bagi pengguna untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Kartu kredit juga memberikan kemungkinan untuk melakukan transaksi dengan nominal yang besar, seperti pembelian barang elektronik, perabotan, atau kendaraan.

Kartu Kredit Memiliki Jangka Waktu Cicilan Lebih Panjang

Alasan lain mengapa kartu kredit lebih baik dipakai daripada paylater adalah karena kartu kredit memiliki jangka waktu cicilan lebih panjang. Jangka waktu cicilan adalah periode waktu yang diberikan kepada pengguna untuk melunasi pinjaman mereka.

Jangka waktu cicilan kartu kredit biasanya lebih panjang, bisa mencapai 24 bulan atau 2 tahun, tergantung dari kesepakatan antara pengguna dan bank.

Sementara itu, jangka waktu cicilan paylater biasanya lebih pendek, hanya berkisar antara 1 hingga 12 bulan, tergantung dari kesepakatan antara pengguna dan perusahaan fintech.

Jangka waktu cicilan paylater juga cenderung lebih kaku, karena harus mengikuti pilihan yang sudah ditentukan oleh perusahaan fintech.

Dengan jangka waktu cicilan yang lebih panjang, kartu kredit memberikan keringanan dan kemudahan bagi pengguna untuk melunasi pinjaman mereka. Kartu kredit juga memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk menyesuaikan cicilan dengan kemampuan dan kondisi keuangan mereka.

Kartu Kredit Memiliki Manfaat dan Fasilitas Tambahan

Alasan selanjutnya mengapa kartu kredit lebih baik dipakai daripada paylater adalah karena kartu kredit memiliki manfaat dan fasilitas tambahan. Manfaat dan fasilitas tambahan adalah fitur atau program yang ditawarkan oleh bank kepada pengguna kartu kredit untuk memberikan nilai lebih atau keuntungan.

Beberapa manfaat dan fasilitas tambahan yang dimiliki oleh kartu kredit antara lain:

  • Program reward: program ini memberikan poin atau cashback kepada pengguna kartu kredit setiap kali melakukan transaksi. Poin atau cashback tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik, seperti voucher belanja, tiket pesawat, atau barang elektronik.
  • Program diskon: program ini memberikan potongan harga atau diskon kepada pengguna kartu kredit jika berbelanja di merchant-merchant tertentu yang bekerja sama dengan bank. Diskon tersebut bisa mencapai 50% atau lebih, tergantung dari jenis dan nominal transaksi.
  • Program cicilan 0%: program ini memberikan kemudahan bagi pengguna kartu kredit untuk melakukan cicilan tanpa bunga atau 0% jika berbelanja di merchant-merchant tertentu yang bekerja sama dengan bank. Program ini sangat menguntungkan bagi pengguna kartu kredit yang ingin melakukan pembelian dengan nominal besar, seperti barang elektronik, perabotan, atau kendaraan.
  • Program asuransi: program ini memberikan perlindungan atau jaminan kepada pengguna kartu kredit jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan, pencurian, atau kerusakan kartu. Program ini juga memberikan perlindungan atau jaminan kepada pengguna kartu kredit jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kematian, atau penyakit saat menggunakan kartu.

Sementara itu, paylater biasanya tidak memiliki manfaat dan fasilitas tambahan seperti kartu kredit. Paylater hanya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi kredit, tanpa memberikan nilai lebih atau keuntungan lainnya.

Dengan manfaat dan fasilitas tambahan yang dimiliki oleh kartu kredit, pengguna bisa mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan dan menguntungkan. Kartu kredit juga memberikan perlindungan dan jaminan bagi pengguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa kartu kredit lebih baik dipakai daripada paylater karena beberapa alasan, yaitu:

  • Kartu kredit memiliki limit pinjaman lebih besar
  • Kartu kredit memiliki jangka waktu cicilan lebih panjang
  • Kartu kredit memiliki manfaat dan fasilitas tambahan

Namun, hal ini tidak berarti bahwa paylater tidak memiliki kelebihan sama sekali. Paylater juga memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Paylater lebih mudah dan cepat dalam proses pengajuan
  • Paylater lebih praktis dan simpel dalam penggunaan
  • Paylater tidak memerlukan kartu fisik atau biaya tahunan

Oleh karena itu, dalam memilih antara kartu kredit dan paylater, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor, seperti:

  • Kebutuhan dan tujuan Anda dalam berbelanja
  • Kemampuan dan kondisi keuangan Anda dalam melunasi pinjaman
  • Manfaat dan fasilitas tambahan yang Anda inginkan

Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang bingung antara menggunakan kartu kredit atau paylater. Jangan lupa untuk selalu bijak dan bertanggung jawab dalam menggunakan fasilitas kredit, agar tidak menimbulkan masalah atau utang di kemudian hari.***