Apakah Ada Dampak Buruk Jika Makan Telur Setiap Hari?

Kesehatan117 Dilihat

JAKARTA – Telur merupakan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein berkualitas tinggi, serta sumber makanan padat nutrisi.

Beberapa orang mungkin mengalami dampak buruk jika sering mengonsumsinya, tapi masing-masing mungkin memberikan respons yang berbeda dan tidak semua orang akan mendapatkan hasil yang sama.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari konsumsi telur setiap hari:

1. Mungkin meningkatkan kolesterol

Makan banyak telur dapat meningkatkan kolesterol Anda karena telur mengandung kolesterol tinggi. Telur kaya akan nutrisi, namun kuning telurnya tinggi lemak. Peningkatan kolesterol dikaitkan dengan peningkatan kemungkinan berkembangnya penyakit kardiovaskular. Respons individu berbeda-beda, dan variabel penting mencakup keputusan gaya hidup, makanan, dan kecenderungan genetik.

2. Penyerapan biotin

Putih telur mengandung protein yang disebut avidin, yang memiliki kemampuan mengikat vitamin B biotin dan mengurangi penyerapannya. Memasak putih telur mengubah sifat avidin, menurunkan kapasitasnya sehingga menghambat penyerapan biotin.

3. Kandungan lemak jenuhnya

Telur memiliki banyak lemak jenuh selain lemak bermanfaat. Mengonsumsi banyak telur, terutama jika digoreng dengan lemak berlebih, dapat meningkatkan konsumsi lemak jenuhnya, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung sebagian orang.

4. Alergi

Mengonsumsi telur dapat memicu reaksi alergi pada individu tertentu yang mengalami intoleransi terhadap telur. Alergi telur dapat menyebabkan reaksi yang kurang signifikan seperti gatal-gatal atau reaksi yang lebih berbahaya seperti anafilaksis. Mereka yang alergi terhadap telur sebaiknya menjauhi telur sama sekali.

5. Masalah pencernaan

Konsumsi telur secara teratur dapat menyebabkan sakit perut pada individu tertentu. Ini mencakup gangguan pencernaan, gas, dan kembung. Toleransi telur dipengaruhi oleh jenis masakan (direbus, direbus, diacak, dll.) dan makanan lain yang ada.

6. Risiko kontaminasi

Mengonsumsi telur mentah atau setengah matang bisa membuat Anda lebih rentan tertular Salmonella. Telur harus dimasak sepenuhnya untuk mengurangi bahaya ini, terutama bagi kelompok rentan seperti ibu hamil, anak kecil, orang lanjut usia, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.***

Writer: Bisnis.comEditor: Max